ilustrasi besi plat

Sebelum menggunakan besi plat strip untuk berbagai keperluan konstruksi, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu berbagai macam jenis besi plat strip. Dilihat dari daftar harga besi plat strip, setiap jenisnya mempunyai harga yang berbeda. Pada beberapa tempat jual besi plat strip, material ini akan dikategorikan sesuai jenis dan fungsinya. 

  1. Besi plat strip bordes

Salah satu area datar pada tangga yang fungsinya untuk berpijak dan berhenti sejenak dinamakan borders. Nama jenis pelat satu ini diambil berdasarkan fungsi platnya yakni sebagai material pembuatan borders tangga. Pengaplikasian plat bordes biasanya untuk pembangunan tangga baik di dalam maupun di luar suatu bangunan. Syarat penggunaan bordes ialah hanya boleh digunakan pada pembuatan tangga yang tersusun atas lebih dari 12 anak tangga. 

  1. Besi plat strip hitam 

Berikutnya ialah besi plat strip hitam. Pada beberapa toko yang jual besi plat strip, besi plat strip hitam disebut juga sebagai base plate. Plat jenis ini sering digunakan untuk alas penguat atau material pembuatan transportasi khususnya tangki, sebagai material pembuatan dudukan profil dan masih banyak lagi. Besi plat strip hitam ini biasanya dijual dengan ukuran berkisar 120 x 240 cm, atau kurang lebih seukuran tripleks. Plat hitam atau base plate mempunyai variasi diameter yang berbeda-beda, mulai dari yang paling kecil yakni sekitar 0,6 mm dan yang paling besar yakni sekitar 200 mm.

  1. Besi plat strip kembang

Dinamakan demikian karena mempunyai bentuk seperti kembang. Ukuran rata-rata dari plat ini ialah sekitar 120 x 240 cm, dengan ketebalan atau diameter yang berbeda-beda pula. Biasanya semakin tebal diameter maka harga plat akan semakin mahal pula. Digunakan untuk membuat transportasi.

Itulah daftar jenis plat besi beserta fungsinya masing-masing, untuk ukuran besi plat strip biasanya standar dan sama antara satu jenis dengan jenis yang lain, hanya yang membedakan ialah ketebalan diameter dan harga. Ini berlaku pada hampir semua tempat yang jual besi plat strip.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *