S1 data science

S1 data science menjadi jurusan strata satu yang sedang tinggi peminatnya dan banyak dibutuhkan di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Program studi ini memfokuskan pada analisis data, pemecahan masalah, serta rekomendasi data sesuai format yang telah ada, dan jurusan ini telah sukses ‘melahirkan’ sederet nama tersohor di dunia teknologi. 

Daftar Ilmuwan Data Sains Dunia

  1. Dr. Andrew Ng

Andrew Ng merupakan profesor dari Universitas Stanford sekaligus salah satu penemu Google dan situs kursus daring, Coursera. Dirinya telah banyak memberi kontribusi signifikan, seperti menciptakan deep learning terkait algoritma, AI, dan machine learning. Jutaan orang juga telah terbantu berkat kelas-kelas yang tersedia di Coursera.

  1. Cynthia Rudin

Rudin adalah seorang pengajar bidang ilmu komputer, teknik komputer dan elektrikal, serta ilmu statistika di Duke University, Amerika Serikat. Kontribusinya tercatat pada sektor kesehatan dalam pemodelan prediktif dan pembelajaran mesin. Dirinya juga menerima berbagai penghargaan, seperti NSF Career Award dan INFORMS Innovative Applications in Analytics Award.

  1. Fei-Fei Li

Dosen dari jurusan data sains Stanford University ini tercatat telah menyumbang berbagai publikasi bidang data sains, serta dirinya turut serta dalam proyek ImageNet milik Universitas Princeton. Sebelum berkarir sebagai dosen, Fei-Fei Li juga pernah menjadi kepala data sains di Google.

  1. Merv Adrian

Memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri Teknologi Informasi, Adrian yang kini menjabat sebagai wakil presiden Gartner tersebut merupakan seorang ahli dalam cloud product design, dan pernah menjadi kepala tim analis dari Microsoft.

  1. Geoffrey Hinton

Dikenal dengan sebutan dewanya bidang deep learning. Pria lulusan King’s College London dan Universitas Edinburgh tersebut populer akan hasil karyanya pada AI dan jaringan netral. Hinton bahkan meraih beberapa penghargaan, seperti AM Turing Award pada tahun 2019 silam.

  1. Jeff Hammerbacher

Lulusan Harvard University ini merupakan salah satu orang pertama yang tergabung dalam tim data sains Facebook. Hammerbacher termasuk ilmuwan data unggulan dunia yang telah mengembangkan berbagai metode dan teknik untuk menangkap, menyimpan, serta menganalisis kumpulan data dalam jumlah besar.

Keuntungan Jurusan Data Sains sebagai Karir

Selain makin dibutuhkan di masa depan, jurusan data sains dapat jadi pertimbangan untuk karir anda ke depannya dengan beberapa tawaran keuntungan berikut ini :

  • Pekerjaan yang berdampak besar.
  • Tingginya permintaan di dunia profesional.
  • Tingkat kepuasan tinggi.
  • Jalur karirnya beragam.
  • Gaji menggiurkan.
  • Luasnya cabang ilmu pengetahuan.
  • Kesempatan terus belajar dan berkembang.

Kesimpulan

Melihat deretan tokoh dunia lulusan S1 data science mungkin sekarang membuat anda kian tertarik untuk menjadi seorang ilmuwan data yang siap berkontribusi dalam bidang teknologi informasi di dunia. Demi meraih impian tersebut jangan lupa untuk terus belajar meningkatkan kemampuan yang akan dibutuhkan jurusan ini, ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *