Illustrasi Pembangunan Jembatan Besi

Bisa ditemukan di tempat jual Besi WF, suatu lempengan besi berbentuk unik mirip huruf H yang sangat keras. Itulah yang namanya besi WF(Wide Flange). Kegunaan pun cukup banyak.

Apa itu Besi WF (Wide Flange)

Tepatnya ialah Baja WF yakni baja yang mempunyai kekuatan tarik serta daya tekan yang tinggi. Bahan material baja memang banyak digunakan pada industri konstruksi serta struktural, karena kuat dan  mampu menahan tarikan dan tekanan aksial. Khusus baja WF memiliki bentuk desain yang unik, yaitu dibuat mirip dengan huruf H atau huruf I irisannya, yakni terdiri dari dua buah sayap atau flange dengan satu buah badan utama. 

Kegunaan Baja WF

Baja WF sering dipergunakan dalam berbagai jenis aplikasi bangunan. Baja WF ini juga dapat diletakkan secara sejajar dengan tanah guna membentuk lantai ataupun atap. Berikut beberapa kegunaan lainnya dari besi WF atau baja WF tersebut. Bagian konstruksi jembatan

Guna memperkuat struktur suatu jembatan.

Penyangga struktural jalan raya dan jalan layang:

Sehingga jalan bisa menjadi lebih kuat dan kokoh serta awet hingga puluhan tahun. Tidak mudah longsor.

Penyangga Sementara

Baja WF juga kerap digunakan sebagai penahan tanah ketika proses konstruksi untuk membangun dinding, atau jembatan, dan lain sebagainya sedang berlangsung.

Pondasi Struktural

Besi WF juga menjadi bagian dari struktur akhir yang sedang dibangun, yakni sebagai menopang dan untuk menjaga kestabilan struktur dari suatu bangunan jembatan, atau gedung, atay taman, dan lain sebagainya.

Retensi Dinding

Baja WF juga ideal dan cocok digunakan untuk menjaga kestabilan dinding untuk retensi tanah, juga penghalang suara pada sepanjang jalan raya, dan di dinding dalam suatu ruangan bawah tanah juga sebagai struktur ruang bawah tanah.

Cukup banyak fungsi peruntukan dan kegunaan besi WF itu, sedangkan harganya juga bervariasi tergantung pada tingkat ketebalannya. Sedangkan panjang besi WF oer batang secara standar rata-rata ialah dalam ukuran 12 meter. Sedangkan tingginya bermacam-macam mulai dari 10 cm hingga 80 cm. Begitu juga beratnya beragam, mulai dari 100 kg hingga 3000 kg per batang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *