Ilustrasi buku untuk dicetak

Setiap perusahaan pasti punya buku panduan dan modul pelatihan karyawannya. Buku ini berisi instruksi penting dan bahkan rahasia perusahaan khusus karyawan. Karena hal ini, Anda tidak boleh sembarangan pilih jasa print buku atau jasa cetak buku satuan.

Mengapa Harus Ekstra Hati – Hati?

Di antara Anda pasti ada yang berfikir, persepsi ini berlebihan. Tapi bukankah lebih baik waspada daripada kecewa jika sudah kejadian informasi bocor? Contoh saja Anda melatih karyawan untuk pengembangan resep di perusahaan makanan ringan. Pasti di buku modul latihan, resep snack yang rahasia dijelaskan. Jika saat di jasa percetakan informasi ini sampai bocor, perusahaan pasti rugi.

Jasa print buku module perusahaan yang baik tentu mau jaga rahasia. Tapi bisa saja dalam menjaga material buku yang akan dicetak, pihak jasa teledor. Jika sudah begini, para mata – mata dari perusahan lain dengan mudah ambil informasi. Baik dengan mencuri buku hasil cetak ataupun mengcopy material dari komputer penyedia jasa.

Kebocoran informasi rahasia ini bisa merugikan. Apalagi jika berhubungan dengan proses produksi. Karena itu, lebih baik ekstra hati – hati dalam memilih partner jasa cetak. 

Tips yang Bisa Digunakan Untuk Kurangi Resiko Informasi Bocor

Untuk pastikan tidak salah pilih jasa print buku, gunakan tips berikut ini agar informasi tidak mudah bocor:

  • Buat perjanjian mengikat. Jika sampai terbukti kebocoran informasi rahasia perusahaan terjadi di tangan pihak percetakan, mereka harus bertanggung jawab atau beri ganti rugi.
  • Kirim perwakilan perusahaan ke pihak cetak untuk menjadi pengawas. Jika informasi sensitive memang penting, tidak ada salahnya keluarkan resource tambahan demi keamanan ekstra.
  • Batasi informasi yang diberikan. Pastikan material buku hanya dibaca beberapa petugas percetakan. Jika petugas percetakan yang terlibat produksi buku sedikit, tentu hal ini kurangi resiko informasi bocor.

Sekarang Anda tahu bahwa pilih jasa print buku untuk kebutuhan modul pelatihan perusahaan sangat penting. Mudah – mudahan bahasan ini bisa membuat Anda lebih hati – hati memilih. Terima kasih sudah baca artikelnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *