produsen baja ringan

Baja ringan banyak dimanfaatkan di bidang konstruksi atau pembangunan, terdapat beberapa produsen baja ringan di Indonesia yang khusus memproduksi baja ringan untuk kebutuhan pembangunan misalnya untuk pembuatan kanopi baja ringan. Walau sangat ringan, baja ini tergolong kuat, kokoh dan tahan lama. Berikut ini akan dijelaskan tentang apa saja jenis baja ringan.

  1. Baja ringan Canal atau C

Jenis baja ringan yang pertama adalah canal atau biasa disingkat C. Berdasarkan namanya bentuk baja ini menyerupai huruf C dan biasanya dipasang saling berhadapan untuk menunjang dan memperkokoh rangka bangunan. Jenis baja ini, biasanya digunakan untuk menyusun rangka atap, gedung, kanopi rumah, langit-langit rumah dan bangunan lainnya. Jenis ini juga dikenal tahan terhadap cuaca ekstrim.

  1. Baja ringan bondek

Bondek merupakan jenis baja yang mudah ditemui di pasaran. Cara pasang bondek yang mudah, membuat jenis baja ringan ini paling sering digunakan. Bondek sering digunakan sebagai alas, pengganti tripleks, sebagai alternatif pembungkus coran, sebagai rangka dan jenis baja ini mampu menahan beton. Anda juga dapat menemukan jenis beton ini, dalam keadaan sudah dirakit atau sudah dipasang.

  1. Baja ringan truss

Truss merupakan jenis baja ringan yang mempunyai ketebalan berkisar antara 1 mili meter, truss sering digunakan untuk membuat rangka atap sehingga lebih mudah saat peletakkan genting dan selain itu atap jauh lebih kokoh jika menggunakan jenis baja ringan yang satu ini. Truss mudah dipasang menjadi bentuk angka dan dilengkapi dengan lapisan anti karat. Saat ini truss sudah tersedia banyak di pasaran, sehingga anda tidak perlu susah mencari.

  1. Baja ringan hollow

Baja ringan hollow termasuk dalam jenis produsen baja ringan dengan bentuk yang bermacam-macam mulai dari bentuk huruf T hingga huruf L dan masih banyak lagi. Baja ringan hollow paling sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan pintu pagar, rangka atap, kanopi hingga plafon. Jenis baja ringan terbuat dari campuran besi galvanis dan galvalum. Adanya rongga di bagian dalam baja yang membuat jenis baja satu ini berbeda dengan jenis lainnya.

  1. Baja ringan spandek

Baja ringan spandek ini mempunyai bentuk lembaran sehingga memudahkan dalam pemasangannya. Desain baja ini sangat estetik dengan permukaan bergelombang sehingga menambah kecantikannya. Sama seperti baja ringan lainnya spandek mempunyai struktur yang kokoh dan tahan lama. Fungsinya lebih banyak sebagai penutup, lapisan luar dan kanopi.

Itulah beberapa jenis dan fungsi dari baja ringan, walaupun banyak produsen baja ringan yang membuat baja dengan bentuk dan model yang berbeda, tetapi fungsi dan daya tahan dari masing baja tetap sama. Bagi anda yang tertarik menggunakan atap baja ringan sebaiknya memilih yang sesuai.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *