Ilustrasi sistem multi channel ecommerce platform

Bagi seorang pebisnis tentu sebuah peluang atau kesempatan adalah cara untuk dapat memperkenalkan produknya di pasaran. E-commerce service provider menjadi salah satu cara tepat untuk melakukan promosi agar diketahui oleh banyak orang, sehingga ini adalah strategi agar produk dengan mudah masuk pasar. Dan  perdagangan yang dilakukan secara online ini sangat membantu sekarang. 

Model Bisnis e-commerce

Buat Anda yang sedang tahap merancang sebuah bisnis, wajib tahu tentang model bisnis. Apa itu model bisnis? Model bisnis sendiri merupakan sebuah dasar yang dapat menjelaskan bagaimana suatu bisnis bisa menghasilkan keuntungan. Sehingga disarankan sebelum Anda memulai bisnis tentukan model bisnisnya lebih dulu.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika menentukan arah bisnis dan nilai produk yang ditawarkan ke konsumen. Pada umumnya, sistem perdagangan secara online ini memiliki model bisnis e-commerce yang dijalankan, yaitu :

  1. B2B (Business to Business)

Model ini memiliki penjualan yang panjang. Meskipun begitu ada kelebihan yang tanpa disadari, dimana tingkat penjualannya dan loyalitas dari pelanggan terbilang tinggi. Sehingga model bisnis ini menawarkan produk dalam bentuk investasi.

  1. Ecommerce B2C

E-commerce menjadi model bisnis yang banyak digunakan di Indonesia. Anda dapat menawarkan produk dengan layanan yang cepat dan mudah.

  1. E-commerce C2C

Model ini memiliki siklus penjualan yang pendek. Sehingga Anda perlu menggunakan situs iklan atau marketplace agar mudah.

  1. E-commerce C2B

Biasanya dilakukan untuk menawarkan sebuah jasa. Dengan memasarkan keahlian yang dimiliki melalui sebuah website. Model ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena banyaknya kompetitor sehingga perusahaan yang dituju akan memilih penyedia jasa yang murah dan memiliki kualitas bagus.

Penggunaan  E-commerce di Indonesia

Perkembangan pasar e-commerce yang pesat menjadi bukti bahwa e-commerce sangat dibutuhkan. Pertumbuhannya yang pesat dari tahun ke tahun memberikan banyak kemudahan sehingga wajib untuk menjalankan dengan baik e-commerce service provider. Tanpa disadari e-commerce sudah menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mencari dan membeli produk.

Apalagi di masa pandemi ini membuat penjualan dalam e-commerce meningkat pesat dalam waktu singkat. Selain itu jangkau e-commerce sekarang semakin luas. Sehingga dalam memenuhi kebutuhan konsumen secara digital ini dapat diproses dengan mudah. Dengan pertumbuhan e-commerce dalam masa pandemi ini menjelaskan peran penting.

Dari sebuah e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia ini, menjadi salah satu bentuk nyata jika e-commerce service provider yang baik dibutuhkan dalam proses transaksi jual beli yang cepat dan mudah. Sebelum memulai dalam melakukan bisnis e-commerce, wajibnya bagi Anda mempelajari banyak hal. Dari segi produk yang ditawarkan, kelebihannya, dan fungsi atau kegunaan produk tersebut. Selain itu ketahui pasti bagaimana menjalankan model bisnis dengan benar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *