Gambar seorang pekerja sedang menjalankan mesin pengangkat

Apakah anda sering berbelanja secara online di marketplace digital? Jika iya, pernahkah anda bertanya-tanya tentang bagaimana barang-barang yang anda pesan selama ini secara daring bisa sampai di tempat anda? Apa saja proses yang dilalui barang tersebut hingga bisa sampai di tempat anda? Maka anda perlu mengetahui apa itu e-Commerce warehouse management.

Pengertian e-Commerce warehouse 

Pertama perlu diketahui dulu apa itu e-Commerce warehouse. Bagi anda yang mengira hanya sebuah gudang tempat menyimpan barang, maka jawabannya kurang tepat. Lebih dari itu, e-Commerce warehouse merupakan sebuah sistem yang digunakan e-commerce untuk menjalankan fungsi penyimpanan atau pergudangan.

Sistem ini memiliki peran yang krusial diantaranya melakukan pengawasan, penataan, perlindungan, hingga keamanan dari produk yang ditawarkan di marketplace digital. lebih kompleks lagi, sistem ini juga memuat informasi-informasi penting seperti dimana lokasi penyimpanan berada, kapan produk tersebut sampai di gudang, berapa jumlahnya, sudah berapa lama barang tersebut berada di gudang dan lain sebagainya.

Sistem e-Commerce warehouse yang baik tentunya akan membuat bisnis yang dijalankan suatu e-commerce menjadi baik dan pelanggan pun mendapat kepuasan dari layanan yang diberikan. Kendala-kendala seperti barang terlambat sampai ke konsumen dari jadwal pun bisa dihindari. Namun masalahnya tidak mudah untuk menjalankan sistem ini.

Apa itu e-Commerce warehouse management?

Untuk bisa sukses menjalankan e-Commerce warehouse, perlu adanya e-Commerce warehouse management, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga atau organisasi untuk menyukseskan sistem e-Commerce warehouse. 

Tugas-tugasnya diantaranya mengadakan pelatihan staff, mengatur tentang alat dan tempat penyimpanan, menjamin keselamatan sistem, berkomunikasi baik dengan jasa ekspedisi, menjaga keamanan barang, dan lain sebagainya.

Oleh karena tugasnya yang banyak dan rumit, maka butuh dana dan waktu lebih untuk menjalankannya. Sehingga bagi anda yang sudah terlalu capek dengan bagian penjualan dan pemasaran produk, maka anda bisa menyewa jasa outsourcing manajemen penyimpanan e-commerce. 

Jadi e-Commerce warehouse adalah sistemnya, sedangkan e-Commerce warehouse management adalah bagaimana dan siapa yang menjalankan sistem tersebut. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *