alat tes ovulasi

Sebagai wanita, rasanya wajib mengetahui masa subur diri sendiri yang mana terjadi ketika mengalami ovulasi, yaitu sebuah proses di mana sel telur akan dilepaskan dari indung telur menuju ke tuba falopi, dan saat itulah sel telur siap dibuahi oleh sel sperma. Untuk cek ovulasi ada beberapa alat tes ovulasi yang bisa digunakan.

Alat Untuk Cek Masa Ovulasi atau Kesuburan Wanita

Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang normal, dan perhitungan seperti itu biasanya juga tidak benar-benar akurat. Oleh karena itu solusi lainnya adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi atau ovutest.

Ovutest merupakan sebuah alat test yang digunakan untuk menguji masa subur dan tingkat akurasi dari alat ini diketahui bisa mencapai 99%. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, dengan beragam sampel yang digunakan, yaitu:

Alat Cek Kesuburan dengan Menggunakan Air Liur

Biasanya, pada menjelang masa ovulasi, kadar hormone estrogen pada tubuh wanita akan meningkat, dan alat inilah yang akan digunakan untuk mendeteksi kadar estrogen tersebut pada air liur caranya adalah dengan melihat pola air liur yang dijadikan sampel.

Karena test ini bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang sebelumnya dikonsumsi, oleh karena itu disarankan untuk tidak makan atau minum selama dua jam sebelum melakukan test agar bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Alat Test Ovulasi LH

Jenis alat tes ovulasi ini menjadi salah satu yang paling mudah ditemukan di pasaran, cara kerjanya adalah dengan mendeteksi adanya kehadiran hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari, yaitu Luuteinizing Hormone (LH) yang ada pada urine.

Penggunaan ovulation test pack ini sangat mudah yaitu hanya dengan meneteskan sampel urine pada alat, dan kemudian alat tersebut akan mendeteksi perubahan pada hormone LH yang ada di urine, di mana jika produksi hormone ini mengalami peningkatan, maka masa ovulasi diketahui akan segera datang. Alat ini sendiri dinilai efektif dengan tingkat keakuratan 99 persen dalam sekali pakai.

Alat Test Ovulasi LH dan Estrogen

Tidak hanya mendeteksi LH, beberapa alat cek ovulasi juga bisa mendeteksi adanya hormon estrogen pada urine, di mana saat hormone ini terdeteksi dalam urine maka menandakan bahwa akan segera memasuki masa subur.

Alat Test Ovulasi Progesterone

Alat yang satu ini biasanya digunakan saat wanita mengira mereka sedang berada dalam masa subur, karena hormone progesterone biasanya diproduksi oleh ovarium pada pasca ovulasi dan alat ini akan berfungsi untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

Keempat alat untuk cek ovulasi memang bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun akan lebih baik sebelum membelinya berkonsultasi dahulu pada dokter agar membeli produk yang terbaik. Semoga dapat bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *