alat tes ovulasi di apotik

Di pasaran saat ini ada 3 jenis alat tes ovulasi di apotik maupun toko kesehatan terdekat, yang dapat Anda pilih dan gunakan. Masing-masing mempunyai kelebihan dan pastinya harga yang berbeda.

  1. Alat tes berbentuk strip

Adapun alat tes ovulasi strip, adalah alat pertama yang akan dibahas. Ini adalah salah satu alat yang paling sering digunakan, dan paling mudah ditemukan di berbagai apotik.

Seperti alatnya bentuknya seperti strip, atau test pack. Selain itu cara menggunakan alat ini juga sama seperti menggunakan test pack umumnya. Dicelupkan ke dalam air seni, selama 30 hingga 45 detik, sebaiknya gunakan air seni di pagi hari. Kemudian simpan di tempat data, dan tunggu kembali sekitar 4 hingga 5 menit, sebelum hasilnya keluar. Jika hasilnya  buah strip, artinya dalam 24 jam kedepan, Anda akan memperoleh masa subur. Sebaliknya jika hanya 1 strip, artinya Anda belum memasuki masa subur.

  1. Alat tes berbentuk compact

Berikutnya adalah alat tes ovulasi compact, bentuknya memang tidak terlalu jauh dengan bentuk strip. Demikian pula cara menggunakanya, yaitu sama-sama menggunakan air seni, dan dicelupkan selama 30 hingga 45 detik. Ada baiknya jika tes tersebut dilakukan pada saat jam 10 pagi, hingga jam 10 malam.

Yang menarik adalah hasilnya, jika pada alat tes strip menunjukkan 2 buah garis, maka pada alat ini menggunakan emoticon berbentuk senyum. Sebaliknya jika tidak ada emoticon yang muncul, maka Anda belum memasuki masa subur.

  1. Alat tes berbentuk scope

Adapun alat tes ovulasi, yang ketika adalah alat tes berbentuk scope atau mikroskop. Seperti namanya, kali ini, Anda sendiri yang akan meneliti, apakah Anda sedang memasuki masa subur atau tidak.

Caranya adalah dengan mengoleskan air liur, ke dalam kaca mikroskop yang ada. Tunggu selama beberapa saat, dan lihat hasil reaksi yang ada di dalam mikroskop itu sendiri. Gambar yang muncul, dapat Anda samakan dengan gambar yang ada di dalam kemasan. Apakah gambar yang muncul tersebut, menandakan bahwa Anda sedang memasuki masa subur atau tidak.

Demikianlah beberapa jenis alat tes ovulasi yang ada di apotik terdekat. Anda dapat memilih salah satu yang dirasa paling tepat dan sesuai kebutuhan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *