Ilustrasi seorang anak laki-laki sedang mengikuti ujian untuk pendaftaran sekolah online balikpapan

Penting bagi Anda sebagai siswa maupun orang tua untuk mengetahui cara mendaftar ke sekolah. Pendaftaran sekolah online Balikpapan juga memiliki beberapa jenis metode seperti jalur zonasi dan jalur prestasi. Lantas apa saja perbedaannya?

Pendaftaran Sekolah Jalur Zonasi

Pendaftaran jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang bertempat tinggal di dekat lokasi sekolah. Lokasi ini ditetapkan oleh dinas yang mengurusi bidang pendidikan. 

Syarat untuk mendaftar menggunakan jalur zonasi adalah calon peserta didik berdomisili di wilayah zonasi yang ditetapkan oleh sekolah.

Mengingat kapasitas daya tampung sekolah mungkin saja berbeda. Paling sedikit sekolah akan membuka kuota peserta minimal 50% untuk jalur zonasi.

Sementara prioritas utama jalur zonasi adalah yang bertempat tinggal di dalam daerah yang sama dengan sekolah. Namun bagi Anda yang memiliki tempat tinggal lumayan jauh juga masih bisa mendaftar dan berkesempatan diterima. 

Pendaftaran sekolah melalui jalur zonasi sangat bermanfaat bagi calon peserta didik karena bisa mendapatkan sekolah yang dekat. Sehingga tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk berangkat ke sekolah. Apalagi potensi diterima oleh sekolah sangat besar.

Pendaftaran Sekolah Jalur Prestasi

Jalur prestasi menjadi jalur yang lumayan sulit untuk beberapa calon peserta didik. Jalur ini diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik.

Hal yang dilihat dari prestasi akademik adalah berdasarkan nilai raport, nilai ujian sekolah, dan akreditasi sekolah. Namun kriteria utama yang paling dilihat adalah dari hasil ujian sekolah. 

Sementara prestasi non-akademik adalah sebuah prestasi berdasarkan lomba dari kegiatan yang telah dimenangkan. Misalnya sertifikat, piagam, medali, atau bukti prestasi lainnya.

Melihat hal tersebut tentu saja jarang sekali calon peserta didik mendaftar menggunakan jalur prestasi. Bahkan peluang untuk diterima di sekolah dengan jalur prestasi lumayan sedikit. 

Sebelum Anda melakukan pendaftaran sekolah online Balikpapan, pastikan memilih jalur pendaftaran yang sesuai dengan diri Anda. Jika Anda berada dekat dengan sekolah incaran, gunakan jalur zonasi. Namun jika Anda memiliki prestasi yang patut diapresiasi daftarkan diri dengan jalur prestasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *