Tempat Tes Toefl ITP di Indonesia

TOEFL ITP merupakan singkatan dari Institutional Testing Program. Test TOEFL digunakan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris seseorang yang bukan native English dan tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu. Untuk proses pelaksanaannya, test ini juga menggunakan soal jenis pilihan ganda, artinya anda memilih salah satu jawaban yang benar.

Anda harus tahu jika proses menguji kemampuan bahasa inggris satu ini dilaksanakan oleh lembaga pelatihan bahasa inggris resmi atau pada universitas tertentu yang sudah mengantongi lisensi. Untuk proses pengujiannya, maka anda harus mendatangi kantor, lembaga atau universitas tersebut, pastikan anda bisa memilih lembaga dan kampus yang resmi sebelum memutuskannya.

Kemampuan apa yang diujikan dalam tes ITP?

Listening Comprehension

Sesi pertama yang harus anda lewati saat menjalani tes ini adalah listening. Nantinya anda diberikan soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan listening anda dalam menangkap percakapan menggunakan bahasa inggris. Biasanya pihak penguji menyediakan media tambahan selama proses listening.

Structure and Written Expression

Hal lain yang akan diujikan dalam TOEFL ITP adalah bagian structure dan written expression. Sama halnya seperti tes TOEFL lainnya, sesi ini digunakan untuk mengukur kemampuan grammar dan struktur kalimat yang nantinya akan diuji. Test ini termasuk bagian salah satu soal tersulit karena sering membuat para peserta terkecoh saat mengerjakannya. Supaya anda bisa lolos, anda harus berlatih secara konsisten sebelum kadwal test. Anda bisa gunakan berbagai media, seperti televisi, smartphone, dll.

Reading Comprehension

Sesi terakhir yang nantinya akan diujikan adalah reading comprehension. Tes ini berfungsi untuk melihat sejauh mana pemahaman anda saat membaca konten yang ada di dalam soal. Untuk sesi ini, anda biasanya akan disajikan dengan pertanyaan mendetail terkait intisari bacaan atau artikel yang sudah diberikan sebelumnya.

Sertifikat toefl ini juga banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti melamar pekerjaan, melanjutkan studi – semua hal tersebut bisa anda dapatkan menggunakan sertifikat TOEFL ITP. Jika anda seorang kandidat pekerja yang mempunyai skor TOEFL dengan angka memuaskan, maka anda bisa mendapatkan karir yang cemerlang. Jadi anda tidak dapat sembarangan saat ingin  mengikuti ujian TOEFL ITP tersebut dan selalu konsisten sebelum mengikutinya.

Jika anda ingin mengikuti tes ini, maka rentang skor yang harus anda dapatkan adalah skor minimal 310 dan maksimal 677. Skor tersebut bisa diambil dari perhitungan khusus berdasarkan standar dunia. Skor tersebut diambil dari poin yang bisa anda kerjakan di setiap sesinya. Poin tersebut berasal dari test listening, reading, dan writing. Semua poin nantinya akan diakumulasikan dan mendapatkan skor yang sesuai.

Semakin tinggi skor yang anda dapat maka semakin baik pemahaman anda dalam Bahasa Inggris. Sertifikat TOEFL ITP ataupun sertifikat apapun mempunyai masa berlaku untuk kurun waktu tertentu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *